Pembelajaran dalam program PPG Daljab dilaksanakan sepenuhnya secara daring dan mandiri oleh mahasiswa melalui LMS, dan terbimbing oleh dosen melalui kegiatan induksi. Dengan demikian, maka secara umum desain pembelajaran sebagai berikut:
1. Alur Desain Program PPG Daljab Pembelajaran Mandiri (PM) merupakan bagian dari desain program PPG Daljab, yang diilustrasikan sebagaimana gambar berikut:

2. Prinsip Pembelajaran PPG Daljab Prinsip pembelajaran dalam program PPG Daljab dikembangkan dengan semangat untuk merekognisi kompetensi yang telah diperoleh oleh mahasiswa melalui pengalaman kerja yang panjang. Dengan demikian, maka prinsip
pembelajarannya meliputi:
a) Mandiri dan terbimbing, artinya mahasiswa belajar secara mandiri selama menyelesaikan 3 (tiga) modul yang disajikan dalam LMS. Dan setelah seluruh modul diselesaikan, mahasiswa akan memperoleh feedback dari dosen melalui kegiatan induksi dalam rangka pendalaman materi yang sudah dipelajari dalam LMS sebelumnya;
b) Fleksibel dan terstruktur, artinya mahasiswa dapat mengakses pembelajaran melalui LMS secara fleksibel dari mana saja dan kapan saja,
namun sesuai dengan interval waktu yang ditentukan;
c) Berorientasi pada kepentingan terbaik mahasiswa, artinya pembelajaran dalam PPG Daljab ini didesain dengan mempertimbangkan kepentingan terbaik mahasiswa yang notabene masih menjalankan tugas mengajarnya
sebagai guru;
d) Berorientasi pada pemecahan masalah, artinya tugas-tugas yang dikerjakan mahasiswa selama menjalankan PM didesain untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam memecahkan problem-problem pembelajaran yang dihadapi.
INTEGRASI PENELITIAN DAN PKM DALAM PEMBELAJARAN
Dosen-dosen PPG telah mengintegrasikan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran di setiap mata kuliah. Hal ini tercantum di dalam RPS OBE yang disusun oleh masing-masing dosen. Tabel berikut merupakan contoh pengintegrasian penelitian dan PKM yang dilakukan oleh dosen-dosen PPG:

Berikut merupakan beberapa link penelitian dan PKM dosen PPG yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran:
- Children’s Social and Emotional Development in Islamic Perspective
- Perkembangan Emosi Peserta Didik
- Exploring Learning Assessment in 21 st Century at SMAN 1 Sumber
- Urgensi Metodologi Studi Islam Interdisipliner Untuk Moderasi Islam
- Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme Perspektif Ibnu Khaldun Terhadap Karakteristik Belajar Siswa Milenial